-->

Belajar Koding HTML Bagian 18: Membuat/Memanggil Elemen Canvas

 




Cara Membuat HTML Canvas

HTML Canvas adalah elemen dalam HTML5 yang digunakan untuk menggambar grafik, animasi, dan berbagai bentuk lainnya menggunakan JavaScript. Untuk Membuat dan Menggunakan elemen <canvas> dalam HTML dapat mengikuti Langkah - langkah berikut:


1. Membuat Elemen <canvas> di HTML

Elemen <canvas> berfungsi sebagai area gambar dalam halaman web.

Contoh:

<canvas id="myCanvas" width="500" height="300" style="border:1px solid black;">

  Browser Anda tidak mendukung elemen canvas.

</canvas>

Penjelasan:

  • id="myCanvas" → Digunakan untuk mengakses elemen dengan JavaScript.
  • width="500" dan height="300" → Menentukan ukuran kanvas dalam piksel.
  • style="border:1px solid black;" → Memberikan batas agar kanvas terlihat jelas.
  • Teks dalam <canvas> → Ditampilkan jika browser tidak mendukung Canvas.

2. Mengakses Canvas dengan JavaScript

Setelah membuat elemen Canvas, kita perlu mengaksesnya dengan JavaScript untuk menggambar.

Contoh:

<script>

  var canvas = document.getElementById("myCanvas"); // Mengambil elemen canvas

  var ctx = canvas.getContext("2d"); // Mengaktifkan konteks 2D untuk menggambar

</script>

Penjelasan:

  • document.getElementById("myCanvas") → Mengambil elemen <canvas>.
  • canvas.getContext("2d") → Mendapatkan konteks 2D, yang memungkinkan kita menggambar bentuk.

3. Menggambar Bentuk Dasar

a) Menggambar Persegi Panjang Berisi (Filled Rectangle)

<script>

  ctx.fillStyle = "red"; // Warna isi merah

  ctx.fillRect(50, 50, 200, 100); // (x, y, width, height)

</script>

✔️ Output: Persegi panjang merah di posisi (50,50) dengan ukuran 200x100.


b) Menggambar Persegi Panjang Berbatas (Stroked Rectangle)

<script>

  ctx.strokeStyle = "blue"; // Warna garis biru

  ctx.strokeRect(100, 100, 150, 80); // (x, y, width, height)

</script>

✔️ Output: Persegi panjang dengan garis tepi biru di posisi (100,100).


c) Menggambar Garis

<script>

  ctx.beginPath();

  ctx.moveTo(50, 50); // Titik awal

  ctx.lineTo(250, 150); // Titik akhir

  ctx.stroke(); // Menggambar garis

</script>

✔️ Output: Garis dari titik (50,50) ke (250,150).


d) Menggambar Lingkaran

<script>

  ctx.beginPath();

  ctx.arc(150, 150, 50, 0, 2 * Math.PI); // (x, y, radius, startAngle, endAngle)

  ctx.stroke();

</script>

✔️ Output: Lingkaran dengan pusat di (150,150) dan jari-jari 50px.


4. Menambahkan Teks ke Canvas

<script>

  ctx.font = "30px Arial";

  ctx.fillText("Hello, Canvas!", 100, 200); // (teks, x, y)

</script>

✔️ Output: Teks "Hello, Canvas!" pada posisi (100,200).


5. Contoh Lengkap HTML Canvas

Gabungan dari semua elemen di atas dalam satu halaman.

<!DOCTYPE html>

<html lang="id">

<head>

  <meta charset="UTF-8">

  <title>Belajar HTML Canvas</title>

</head>

<body>

 

  <canvas id="myCanvas" width="500" height="300" style="border:1px solid black;">

    Browser Anda tidak mendukung elemen canvas.

  </canvas>

 

  <script>

    var canvas = document.getElementById("myCanvas");

    var ctx = canvas.getContext("2d");

 

    // Menggambar persegi panjang berisi

    ctx.fillStyle = "red";

    ctx.fillRect(50, 50, 200, 100);

 

    // Menggambar persegi panjang berbatas

    ctx.strokeStyle = "blue";

    ctx.strokeRect(100, 100, 150, 80);

 

    // Menggambar garis

    ctx.beginPath();

    ctx.moveTo(50, 50);

    ctx.lineTo(250, 150);

    ctx.stroke();

 

    // Menggambar lingkaran

    ctx.beginPath();

    ctx.arc(150, 150, 50, 0, 2 * Math.PI);

    ctx.stroke();

 

    // Menambahkan teks

    ctx.font = "20px Arial";

    ctx.fillText("Hello, Canvas!", 100, 250);

  </script>

 

</body>

</html>


✔️ Cara melihat hasilnya:

  1. Simpan kode di atas sebagai canvas.html.
  2. Buka file tersebut di browser (Google Chrome, Firefox, Edge, dll.).
  3. Anda akan melihat berbagai bentuk dan teks yang digambar di kanvas.
Tampilan Hasil (Output) Membuat Canvas

6. Interaksi dengan Pengguna (Menggambar dengan Mouse)

Jika ingin membuat fitur menggambar dengan mouse, gunakan event listener:

<script>

  var isDrawing = false;

 

  canvas.addEventListener("mousedown", function () {

    isDrawing = true;

  });

 

  canvas.addEventListener("mousemove", function (event) {

    if (isDrawing) {

      ctx.fillStyle = "black";

      ctx.fillRect(event.offsetX, event.offsetY, 5, 5);

    }

  });

 

  canvas.addEventListener("mouseup", function () {

    isDrawing = false;

  });

</script>

✔️ Hasilnya: Anda bisa menggambar di kanvas dengan menggerakkan mouse!


Kesimpulan

  • HTML <canvas> adalah elemen untuk menggambar grafik menggunakan JavaScript.
  • Menggunakan getContext("2d") untuk menggambar bentuk seperti persegi, lingkaran, garis, dan teks.
  • Bisa ditambahkan event listener untuk interaksi, seperti menggambar dengan mouse.

REFERENSI

 W3schools


0 Response to "Belajar Koding HTML Bagian 18: Membuat/Memanggil Elemen Canvas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel