Belajar Koding HTML Bagian 18: Membuat/Memanggil Elemen Canvas
Cara Membuat HTML Canvas
HTML Canvas adalah elemen dalam HTML5 yang digunakan untuk menggambar grafik, animasi, dan berbagai bentuk lainnya menggunakan JavaScript. Untuk Membuat dan Menggunakan elemen <canvas> dalam HTML dapat mengikuti Langkah - langkah berikut:
1. Membuat Elemen <canvas> di HTML
Elemen <canvas> berfungsi sebagai area gambar dalam halaman web.
Contoh:
<canvas
id="myCanvas" width="500" height="300" style="border:1px
solid black;">
Browser Anda tidak mendukung elemen canvas.
</canvas>
Penjelasan:
- id="myCanvas" → Digunakan untuk mengakses
elemen dengan JavaScript.
- width="500" dan height="300" → Menentukan ukuran kanvas
dalam piksel.
- style="border:1px solid
black;"
→ Memberikan batas agar kanvas terlihat jelas.
- Teks dalam <canvas> → Ditampilkan jika browser
tidak mendukung Canvas.
2.
Mengakses Canvas dengan JavaScript
Setelah membuat elemen Canvas,
kita perlu mengaksesnya dengan JavaScript untuk menggambar.
Contoh:
<script>
var canvas = document.getElementById("myCanvas");
// Mengambil elemen canvas
var ctx = canvas.getContext("2d"); //
Mengaktifkan konteks 2D untuk menggambar
</script>
Penjelasan:
- document.getElementById("myCanvas") → Mengambil elemen <canvas>.
- canvas.getContext("2d") → Mendapatkan konteks 2D,
yang memungkinkan kita menggambar bentuk.
3.
Menggambar Bentuk Dasar
a)
Menggambar Persegi Panjang Berisi (Filled Rectangle)
<script>
ctx.fillStyle = "red"; // Warna isi
merah
ctx.fillRect(50, 50, 200, 100); // (x, y,
width, height)
</script>
✔️ Output: Persegi panjang merah di posisi (50,50)
dengan ukuran 200x100.
b)
Menggambar Persegi Panjang Berbatas (Stroked Rectangle)
<script>
ctx.strokeStyle = "blue"; // Warna
garis biru
ctx.strokeRect(100, 100, 150, 80); // (x, y,
width, height)
</script>
✔️ Output: Persegi panjang dengan garis tepi biru di
posisi (100,100).
c)
Menggambar Garis
<script>
ctx.beginPath();
ctx.moveTo(50, 50); // Titik awal
ctx.lineTo(250, 150); // Titik akhir
ctx.stroke(); // Menggambar garis
</script>
✔️ Output: Garis dari titik (50,50) ke (250,150).
d)
Menggambar Lingkaran
<script>
ctx.beginPath();
ctx.arc(150, 150, 50, 0, 2 * Math.PI); // (x,
y, radius, startAngle, endAngle)
ctx.stroke();
</script>
✔️ Output: Lingkaran dengan pusat di (150,150)
dan jari-jari 50px.
4.
Menambahkan Teks ke Canvas
<script>
ctx.font = "30px Arial";
ctx.fillText("Hello, Canvas!", 100,
200); // (teks, x, y)
</script>
✔️ Output: Teks "Hello, Canvas!" pada
posisi (100,200).
5.
Contoh Lengkap HTML Canvas
Gabungan dari semua elemen di atas
dalam satu halaman.
<!DOCTYPE
html>
<html
lang="id">
<head>
<meta charset="UTF-8">
<title>Belajar HTML Canvas</title>
</head>
<body>
<canvas id="myCanvas" width="500"
height="300" style="border:1px solid black;">
Browser Anda tidak mendukung elemen canvas.
</canvas>
<script>
var canvas = document.getElementById("myCanvas");
var ctx = canvas.getContext("2d");
// Menggambar persegi panjang berisi
ctx.fillStyle = "red";
ctx.fillRect(50, 50, 200, 100);
// Menggambar persegi panjang berbatas
ctx.strokeStyle = "blue";
ctx.strokeRect(100, 100, 150, 80);
// Menggambar garis
ctx.beginPath();
ctx.moveTo(50, 50);
ctx.lineTo(250, 150);
ctx.stroke();
// Menggambar lingkaran
ctx.beginPath();
ctx.arc(150, 150, 50, 0, 2 * Math.PI);
ctx.stroke();
// Menambahkan teks
ctx.font = "20px Arial";
ctx.fillText("Hello, Canvas!", 100,
250);
</script>
</body>
</html>
✔️ Cara melihat hasilnya:
- Simpan kode di atas sebagai canvas.html.
- Buka file tersebut di browser (Google Chrome, Firefox,
Edge, dll.).
- Anda akan melihat berbagai bentuk dan teks yang digambar di kanvas.
Tampilan Hasil (Output) Membuat Canvas |
6.
Interaksi dengan Pengguna (Menggambar dengan Mouse)
Jika ingin membuat fitur menggambar
dengan mouse, gunakan event listener:
<script>
var isDrawing = false;
canvas.addEventListener("mousedown",
function () {
isDrawing = true;
});
canvas.addEventListener("mousemove",
function (event) {
if (isDrawing) {
ctx.fillStyle = "black";
ctx.fillRect(event.offsetX, event.offsetY,
5, 5);
}
});
canvas.addEventListener("mouseup", function
() {
isDrawing = false;
});
</script>
✔️ Hasilnya: Anda bisa menggambar di kanvas dengan
menggerakkan mouse!
Kesimpulan
- HTML <canvas> adalah elemen untuk menggambar
grafik menggunakan JavaScript.
- Menggunakan getContext("2d") untuk menggambar bentuk
seperti persegi, lingkaran, garis, dan teks.
- Bisa ditambahkan event
listener untuk interaksi, seperti menggambar dengan mouse.
0 Response to "Belajar Koding HTML Bagian 18: Membuat/Memanggil Elemen Canvas"
Post a Comment