-->

Apa Itu User Interface?? Pengertian User Interface dan ciri-cirinya




User Interface (UI) adalah bentuk visual atau tampilan pada website atau software yang ditujukan pada penggunanya agar ada interaksi didalamnya. Penamaan user interface ini juga berlaku pada software perangkat dekstop maupun mobile seperti smartphone. Tampilan menu-menu pada smartphone Kamu atau tampilan blog ini itu dinamakan user interface.Berikut adalah Ciri-Ciri User Interface:
1. Penghubung Langsung
User interface memiliki peran penting pada sebuah aplikasi. Karena user interface adalah penghubung langsung antara pengguna (kita) dengan sistem aplikasi itu sendiri. Yang membuat sebuah sistem bisa berjalan dan dikendalikan oleh pengguna ya karena adanya user interface.
2. Berdampak Pada Faktor Kesuksesan
Bagus tidaknya user interface pada sebuah aplikasi, bisa berdampak pada kesuksesan aplikasi tersebut. Jika user interfacenya mudah digunakan akan ada kemungkinan aplikasi banyak dan sering digunakan, jika sebaliknya user interfacenya menyulitkan maka besar kemungkinan aplikasi itu akan ditinggalkan.
3. Identitas Atau Ciri Khas
User interface bisa dijadikan sebagai identitas atau ciri khas dari sebuah produk. Jika Kamu pernah menggunakan smartphone android, IOS (Apple dan windows phone Kamu pasti tau bedanya. Ketiga sistem operasi tersebut memipiki ciri khas desain user interface masing-masing. Dan desain tersebut dibuat secara konsisten dari mulai versi lama sampai versi terbaru.
4. Berpengaruh Pada SEO (Pada Website)
Tau nggak kalau user interface blog itu bisa berpengaruh pada seo? Benarkah? User interface tidak hanya membahas soal indah dan mudahnya digunakan sebuah aplikasi, pada website kecepatan juga masuk dalam bagian user interface. Kecepatan sebuah website saat dibuka akan berpengaruh pada pengunjung yang datang. Makin cepat dibuka makin besarn kemungkinan pengunjung sering datang, makin lama dibuka makin besar kemungkinan ditinggalkan.

5. Menarik Minat Pengguna
Dulu sebuah desain user interface haruslah mudah digunakan itu sudah cukup. Sekarang mudah digunakan saja tidaklah cukup, desain harus bisa menarik minat penggunanya. Menarik dalam artian tidak harus yang wah, namun cukup memberi kesan menyenangkan saat digunakan ke pengguna.

0 Response to "Apa Itu User Interface?? Pengertian User Interface dan ciri-cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel